Dalam penyusunan laporan keuangan serta untuk mempermudah
Satuan Kerja dalam penyajian laporan keuangan, maka kami sampaikan sistematika
penyajian laporan keuangan sebagai berikut:
Sistematika dan Contoh Format Penyajian
Laporan Keuangan Satuan Kerja
1.
Sampul Luar
Merupakan sampul luar dari laporan keuangan, memuat
informasi mengenai Satuan Kerja dan periode penyampaian laporan keuangan.
- Sampul Dalam
Merupakan sampul dalam dari laporan keuangan, memuat
informasi mengenai satuan kerja dan periode penyampaian laporan keuangan.
- Kata Pengantar
Merupakan pengantar dari laporan keuangan yang
ditandatangani oleh pejabat yang berwenang yang memberikan gambaran ringkas
mengenai laporan keuangan yang disampaikan.
- Daftar Isi
Merupakan daftar yang memuat isi laporan beserta nomor halamannya.
- Daftar Tabel
Merupakan daftar tabel yang terdapat dalam laporan
keuangan. Daftar tersebut memuat nama tabel, nomor tabel dan nomor halamannya.
- Daftar Grafik
Merupakan daftar grafik yang terdapat dalam laporan keuangan.
Daftar tersebut memuat nama grafik, nomor dan nomor halamannya.
- Daftar Lampiran
Merupakan daftar lampiran yang terdapat dalam laporan
keuangan. Daftar tersebut memuat nama lampiran, nomor lampiran dan nomor halamannya.
- Daftar Singkatan
Merupakan daftar yang memuat singkatan-singkatan yang
digunakan dalam laporan keuangan.
- Pernyataan Tanggung Jawab
Merupakan pernyataan tanggung jawab dari Pengguna
Anggaran terhadap penggunaan anggaran pada lingkup satuan kerja yang
dipimpinnya. Pernyataan Tanggung Jawab ditandatangani oleh pimpinan Satuan
Kerja setiap periode penyampaian laporan keuangan. Pernyataan tanggung jawab paling
tidak memuat pernyataan sebagai berikut :
- pernyataan
bertanggung jawab terhadap penyusunan dan isi laporan keuangan yang
disampaikan;
- pernyataan
bahwa laporan keuangan telah disusun sesuai dengan SAP dan;
- pernyataan
laporan keuangan telah disusun berdasarkan sistem pengendalian intern
yang memadai.
- Ringkasan
Merupakan gambaran ringkas mengenai kondisi laporan
keuangan yang dipertanggungjawabkan.
Gambaran ringkasan laporan
keuangan terdiri dari :
a.
Ringkasan Laporan Realisasi Belanja
b.
Ringkasan Neraca
c.
Ringkasan CaLK
- Laporan Realisasi Anggaran Satuan
Kerja
Laporan Realisasi Anggaran menyajikan
informasi realisasi pendapatan dan belanja berdasarkan nilai neto, yaitu realisasi pendapatan dan belanja setelah
dikurangi pengembalian pendapatan dan pengembalian belanja yang masing-masing dibandingkan
dengan estimasi dan anggarannya dalam satu periode.
Laporan realisasi anggaran berdasarkan cetakan dari
aplikasi SAI yang disampaikan dalam Laporan
Keuangan adalah:
a.
Untuk laporan keuangan periode semesteran, laporan yang
disampaikan adalah laporan Semester I.
b. Untuk laporan keuangan periode tahunan,
laporan yang disampaikan adalah laporan komparatif yaitu laporan realisasi anggaran yang membandingkan anggaran dan realisasi tahun anggaran yang
lalu dengan tahun anggaran berjalan.
- Neraca
Satuan Kerja
Neraca menggambarkan posisi
keuangan suatu entitas akuntansi dan entitas pelaporan mengenai aset,
kewajiban, ekuitas dana per tanggal tertentu.
a.
Untuk periode
semesteran, laporan neraca yang dicantumkan dalam Laporan Keuangan Satuan Kerja
adalah Laporan neraca per 30
Juni 2012.
b. Untuk periode
tahunan, laporan yang disampaikan adalah
laporan komparatif dengan membandingkan antara
neraca tahun anggaran yang berjalan dengan neraca tahun
anggaran yang lalu. Laporan neraca yang dicantumkan
dalam Laporan Keuangan Satuan Kerja adalah Laporan neraca per 31 Desember 2012.
- Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
Pendapatan dan Belanja
Merupakan laporan realisasi anggaran untuk pendapatan dan
belanja yang mencantumkan nilai
bruto serta pengembaliannya. Laporan realisasi
anggaran yang dihasilkan dari
aplikasi SAI yang laporan yang harus disampaikan dalam laporan keuangan, dapat dilihat pada lampiran Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan ini.
Laporan realisasi anggaran berdasarkan cetakan dari
aplikasi SAI yang disampaikan dalam Laporan
Keuangan adalah:
a. Untuk
laporan keuangan periode semesteran, laporan
realisasi pendapatan dan belanja yang
disampaikan adalah LRA untuk triwulan yang berakhir 30 Juni 2012.
b. Untuk laporan keuangan periode tahunan, laporan realisasi pendapatan
dan belanja yang disampaikan adalah LRA untuk triwulan
yang berakhir
31 Desember 2012.
- Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
Catatan atas Laporan Keuangan meliputi penjelasan, daftar
rinci, dan analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi
Anggaran dan Neraca.
Penjelasan CaLK terdiri atas :
a. Pendahuluan
Memuat hal-hal yang terkait dengan satuan kerja yang
bersangkutan, yang terdiri dari:
·
Dasar Hukum
·
Kebijakan Teknis
·
Pendekatan Penyusunan
Laporan Keuangan
·
Kebijakan Akuntansi
b. Penjelasan pos-pos Realisasi Anggaran Pendapatan dan
Realisasi Anggaran Belanja.
· Untuk penjelasan
realisasi pendapatan dan belanja semester I dalam CaLK yaitu dengan
membandingkan antara laporan realisasi pendapatan dan belanja untuk triwulan
yang berakhir 30 Juni 2012 dengan laporan realisasi pendapatan dan belanja
untuk triwulan yang berakhir 30 Juni 2011.
·
Untuk penjelasan
realisasi pendapatan dan belanja tahunan dalam CaLK yaitu dengan membandingkan
antara laporan realisasi pendapatan dan belanja untuk triwulan yang
berakhir 31 Desember 2012 dengan laporan
realisasi pendapatan dan belanja untuk triwulan yang berakhir 31 Desember 2011.
c. Penjelasan pos-pos neraca.
· Untuk penjelasan neraca
semester I dalam CaLK yaitu dengan membandingkan antara laporan neraca per 30
Juni 2012 dengan laporan neraca per 31 Juni 2011.
· Untuk penjelasan neraca
tahunan dalam CaLK yaitu dengan membandingkan antara laporan neraca per 31
Desember 2012 dengan laporan neraca per 31 Desember 2011.
d.
Pengungkapan Penting
Lainnya
Memuat penjelasan mengenai hal-hal yang terkait dengan
transaksi atau kejadian pada wilayah yang bersangkutan, yang terdiri dari:
·
Penjelasan atas Temuan
dan Tindak Lanjut Temuan BPK.
·
Penjelaskan atas Rekening
Pemerintah.
·
Penjelaskan atas Informasi
Pendapatan dan Belanja secara Akrual.
·
Penjelasan atas Pengungkapan
Lain-lain.
- Lampiran Laporan Keuangan
a. Laporan-Laporan pendukung sebagai lampiran
i) LRA Pendapatan dan LRA Pengembalian Pendapatan.
ii) LRA Belanja dan LRA Pengembalian Belanja.
iii) Neraca Percobaan.
(Daftar laporan lihat Lampiran III)
b. Laporan Barang
Laporan Barang Pengguna Semesteran/Tahunan (laporan hanya sampai kelompok barang).
c. Laporan Keuangan BLU (jika
satuan kerja tersebut selain mendapat dana APBN juga merupakan satker BLU).
d. Daftar Laporan
Rekening Pemerintah.
e. Tindak Lanjut atas Temuan BPK.
f. Daftar Informasi Pendapatan dan Belanja secara Akrual.
- Lampiran lainnya sebagai
pendukung Laporan Keuangan
Lampiran-lampiran yang dianggap perlu sebagai
pendukung dari laporan keuangan dapat dijadikan lampiran sebagai lampiran
lainnya dalam laporan keuangan, seperti :
a. Daftar SSBP/copy dokumen SSBP untuk penyetoran Uang
Persediaan tahun berjalan yang disetorkan ke kas negara pada tahun berikutnya,
b. Daftar SSBP/copy dokumen SSBP untuk pendapatan yang
diterima pada berjalan dan baru disetorkan ke kas negara pada tahun berikutnya.
c. Daftar Berita Acara Rekonsiliasi.
d. Daftar lainnya.
Ref : Laporan Semester Bandar Udara Sumbawa 2013.
No comments:
Post a Comment